Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Mengatasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Mungkin ada di antara kita yang pernah mengalami masalah ini. Saat berkendara dengan mobil waktu hujan, kaca mobil menjadi buram sehingga mengganggu jarak pandang.

Tentunya hal ini sangat berbahaya, apalagi jika hujan cukup deras akan membuat kaca mobil terlihat sangat buram.

Namun hal ini tidak akan menjadi masalah karena berikut akan kami sajikan sejumlah tips dan trik ringan untuk mengatasi masalah kaca mobil buram ini.

Cara-cara Mengatasi Kaca Mobil yang Terlihat Buram Saat Hujan

Cara ini mungkin cara yang paling umum dilakukan oleh para pengendara mobil, dan memang cara ini yang paling disarankan, adalah dengan menyalakan AC mobil. Namun, bagaimana jika karena sebab tertentu AC mobil tidak dapat memjernihkan kembali kaca mobil? Kita dapat mencoba cara-cara berikut untuk mengatasi masalah ini.

1. Gunakan Shampoo

Shampo memang trik yang murah sekaligus handal untuk mengatasi kaca mobil buram saat hujan. Cara penggunaannya mudah, cukup oleskan kaca mobil dengan shampo lalu di lap sama kain yang agak lembab. Jika tidak ada kain bisa gunakan tissu basah (walau hasilnya tidak semaksimal kain). Pengelapan dilakukan satu arah, jangan dibolak-balik, karena justru dapat membuat kaca bertambah buram.

Sebenarnya kaca mobil dapat buram karena adanya kondensasi (pengembunan). Di sini bahan kimia aktif dalam shampoo akan mencegah pengembunan pada kaca.

Setelah cuaca kering, jangan lupa bersihkan kaca mobil, karena shampo yang masih tersisa dapat membuat kotoran mudah menempel pada kaca mobil.

2. Gunakan Rokok

Kalau kebetulan ada perokok di dalam mobil, bisa gunakan rokok untuk menjernihkan kaca. Caranya, buka separuh kertas pembungkus rokok, lalu gosokkan ke kaca mobil. Usahakan jangan terlalu menekan saat menggosok karena biasanya terdapat potongan cengkeh dalam rokok yang dapat menggores kaca. Gosokkan juga dengan gerakan satu arah.

Bahan tembakau dalam rokok akan bekerja menyerap embun yang menempel dan mencegah pengembunan.

3. Anti Frost Spray

Produk anti frost saat ini sudah banyak di jual di toko perlengkapan atau bengkel mobil. Di Indonesia, produk ini dikenal dengan nama “cairan anti kabut”. Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup di semprotkan beberapa kali pada pada kaca mobil yang buram, biarkan sebentar lalu dibersihkan dengan kain lembut agar tidak menggores kaca. Cara membersihkannya juga satu arah, jika belum kaca belum jernih, ulangi lagi langkah tersebut.

Bahan aktif dalam cairan anti kabut akan mencegah terjadinya kondensasi atau pengembunan dengan menyerap cairan yang menempel pada kaca.

Cara Mencegah Agar Kaca Mobil Tidak Mudah Buram Saat Hujan

Sebenarnya tidak ada cara yang benar-benar mampu mencegah kondensasi udara dalam mobil, namun dapat dicoba beberapa cara berikut untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hal tersebut.

1. Jangan parkir di tempat yang terlalu terik

2. Jika terpaksa parkir pada tempat yang terik, buka semua kaca mobil, biarkan selama 3 - 5 menit sambil   menyalakan AC sebelum menjalankan mobil.

3. Jangan terlalu sering membersihkan kaca mobil bagian dalam dengan lap basah. Namun jika hal ini dilakuan, usahakan untuk membiarkan mobil terbuka setelah dibersihkan hingga udara pada kabin mobil benar-benar kering.

4. Keluarkan karpet dek mobil untuk dibersihkan secara teratur. Jemurlah selama beberapa jam untuk memastikan karpet telah kering sepenuhnya sebelum dipasang kembali.

Penyebab Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Kaca mobil dapat menjadi buram saat hujan disebabkan oleh adanya kondensasi atau pengembunan. Saat berkendara dalam keadaan hujan, biasanya kita langsung menutup semua kaca mobil dengan rapat. Karena kabin terutup rapat, suhu udara dalam kabin mobil akan perlahan naik. Saat suhu naik, udara (oksigen) akan menjadi lebih lembab. Sementara karena hujan, suhu udara di luar mobil akan semakin dingin. Setelah beberapa saat, suhu badan mobil termasuk kaca mobil akan sama dengan suhu luar (dingin).

Saat udara lembab dalam mobil menyentuh permukaan kaca yang dingin, udara tersebut akan mengalami kondensasi. Kondensasi adalah perubahan wujud suatu benda ke bentuk yang lebih padat (pemadatan). Udara yang sebelumnya berbentuk gas akan berubah menjadi cairan (oksigen dipadatkan menjadi air). Jika cairan ini menempel pada kaca, tentunya kaca akan menjadi buram.

Demikian tips ringan ini, sebagai tambahan, cara-cara di atas dapat diterapkan pada semua jenis kaca yang mudah mengalami pengembunan, seperti kaca di depan wastafel atau di dalam kamar mandi.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi semuanya.
Tag : otomotif
Back To Top