Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Menghapus Browser Autofill atau Autocomplete

Kali ini kita berbagi tips cara menghapus autofill atau autocomplete sekaligus cara untuk menonaktifkan atau disable fitur ini pada browser. Tips ini bisa buat browser modern apa saja kok, chrome, firefox, opera, safari de el el.

Mungkin kita sudah pada sering mengalami saat mengetik sebuah huruf di browser address bar, form input login website, atau waktu mengetik pada kolom search, akan akan langsung keluar semua link atau tautan yang berhubungan dengan huruf itu. Istilah buat ini adalah autofill atau autocomplete, dan ini jarang banget dihapus, karena memang sebenarnya sangat membantu.

Mungkin saja kita pernah minjem kompie temen ato sodara, terus buat login ke FB ato malah surfing ke tempat "aneh-aneh". Nah setelah selesai make kompie tadi jejak website yang kita kunjungin akan tersimpan di browser history, dan jejak input yang kita masukkan akan tersimpan di entri autofill atau autocomplete.

Kalo cuman menghapus history sih udah pada bisa yak? Tapi gimana dengan autofill yang bisa turut mengungkapkan rahasia browsing kita? Pasti dong, autofill ini bakal tersimpan selama belum dihapus.

Bagaimana Cara Menghapus Browser Autofill?

Cara menghapus autofill atau autocomplete tadi gampang banget. Tinggal klik di form input, terus kalo keluar autofill atau autocomplete nya tinggal sorot en tekan tombol delete di keyboard.

Nah hilang dah jejak input kita tadi, gampang kan! Kalo kurang jelas, nih ada gambarnya, klik biar gede ya..


Menonaktifkan Autofill atau Autocomplete

Nah terus gimana biar browser nggak mengingat terus form input kita? Walo sebenarnya nggak disarankan buat disable atawa menonaktifkan fitur ini, tapi kalo kita emang bener-bener menjunjung tinggi privacy (semu) sebagai pribadi yang merdeka dan berdaulat.. lho malah ceramah.. :). Pokoknya biar lebih aman aja ya. Oya, buat sekarang yang kita bahas cuma buat dua browser terpopuler dulu aja ya.

Disable Autofill atau Autocomplete pada Mozilla Firefox



Buat yang menggunakan browser dari Mozilla Firefox memang tergantung versi Firefoxnya, tapi intinya tetap sama kok.
  • Klik Tool » Option » Privacy untuk membuka Window Privacy 
  • Pada bagian History ganti Firefox will ke use custom settings for history 
  • Buang tanda centang pada Remember search and form history 
Nah, mulai sekarang Firefox nggak bakal nampilin autofill ato autocomplete lagi

Disable Autofill atau Autocomplete pada Google Chrome



Sama kayak firefox, pilihannya tergantung versi Chrome juga sih, en tips di sini buat versi 20 ke atas ya..
  • Klik Tombol Menu Chrome (pokoknya letaknya pasti di pojok kanan atas deket tombol close).
  • Pilih Settings » Show advanced settings.. (scroll ampe bawah).
  • Pada bagian Passwords and Forms buang centang dari Enable Autofill to fill out web forms in a single click.. (wuih.. panjang benerrr cak).
Oke dah, skarang Chrome udah mulai agak pikun :)

Sip.. dengan tips ini skarang kita bisa dapetin kembali sedikit privasi saat browsing.. semoga lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya ya.. makasih dah mampir..
Tag : browser, Internet
Back To Top