Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Mudah Mencegah Penyakit Katarak

Cara Mudah Mencegah Penyakit Katarak

Cara mencegah penyakit katarak- Assalamualaikum pembaca semua dimanapun anda berada, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya akan menjelaskan kepada anda tentang apa itu katarak dan bagaimana cara meminimalisir agar tidak terserang penyakit yang dapat mengakibatkan kebutaan pada mata ini. Sebelumnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu definisi dari katarak. Katarak merupakan penyakit pada mata yang diakibatkan oleh gangguan pada lensa mata karena lensa mata tertutupi oleh suatu sejenis kristal yang merupakan penggabungan molekul air dan protein.

Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan objek hingga jatuh ke retina. Jika pada lensa mata tertutupi atau terganggu aktivitasnya oleh suatu molekul protein dan air, maka akan mengganggu proses penglihatan dan menyebabkan pandangan seseorang menjadi kabur dan lama- kelamaan jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan pada mata karena lensa mata tidak dapat memfokuskan objek kembali ke retina dan syaraf penglihatan.

Menurut survey penyakit katarak lebih sering menyerang orang lansia daripada anak- anak pada umumnya. Mengapa demikian? Para ilmuwan telah melakukan penelitian bahwa lensa mata akan mengalami perubahan struktur molekul secara kimia, dan jika perubahan struktur molekul lensa mata tersebut semakin berkembang, ditambah lagi jika orang tersebut terlalu sering kontak dengan radiasi dan memiliki kadar kalsium yang rendah dalam dara, struktur kimia tersebut akan membentuk semacam gumpalan dan akhirnya menyebabkan penyakit katarak ini. Selain itu, katarak pada kondisi tertentu juga dapat menyerang anak- anak karena faktor keturunan. Orang tua dari anak tersebut merupakan pembawa sifat yang nantinya akan diturunkan oleh anaknya kelak. Jika orang tua anak tersebut terjangkit katarak maka ia bisa menularkan ke anaknya.

Gejala dari penyakit katarak ini biasanya sederhana dan mirip sekali dengan gangguan mata lainnya seperti mata rabun. Gejalanya antara lain Saat melihat suatu benda mata akan terlihat kabur, banyak mengeluarkan air mata dan nyeri pada mata jika berada di tempat yang terang. Dan yang paling serius akan menimbulkan pembengkakan pada lensa mata.

Untuk itu diperlukan usaha sedini mungkin bagi anda semua untuk dapat meminimalisir risiko serangan penyakit katarak ini. Untuk itu, saya akan membagikan tips sederhana yaitu tentang tips mencegah penyakit katarak yang mungkin tidak ada salahnya anda coba, berikut tips- tipsnya.

1. Periksakan ke dokter jika mengalami salah satu gejala di atas.
    Jangan menunda apapun jika anda merasakan gejala penyakit katarak walau sangat kecil.Jangan pernah
    anda sepelekan gejala- gejala sederhana seperti yang saya ungkapkan di atas. Silahkan periksakan ke
    dokter mata untuk mendapatkan kepastian apa yang terjadi pada mata anda.

2. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C,A,dan E.
    Vitamin- vitamin tersebut telah terbukti dapat mencegah kemungkinan penyakit mata terutama katarak dan
     sebagai asupan gizi harian anda. Untuk itu, jangan malas untuk mengkonsumsi jenis sayuran dan buah
     mengandung vitamin- vitamin tersebut.

3. Menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari.
    Jika kita berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari yang cerah, sebaiknya pakailah kacamata
    hitam agar menghindarkan dari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari. Karena sudah saya
    jelaskan di atas, bahwa sinar UV sangat mempengaruhi gejala penyakit katarak.

Nah itulah beberapa tips sederhana dari saya tentang cara mencegah penyakit katarak yang saya kumpulkan dari sumber- sumber terpecaya dan saya tulis dengan bahasa saya sendiri yang semoga dapat memberikan wawasan anda lebih luas pada penyakit katarak ini. Wassalamualaikum.







Back To Top