Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Tips Mengatasi Gatal karena Gigitan Nyamuk

Garuk-garuk tengah malam gara2 badan gatal karena gigitan nyamuk? Rasanya enggak banget. Tapi kalo udah pada baca tips atau jurus di sini, dijamin langsung hilang gatal-gatal di badan karena gigitan nyamuk.

Nyamuk tuh pasti ada di mana-mana. Apalagi di wilayah tropis kayak Indonesia. Makanya obat nyamuk merupakan salah satu barang terlaris di sini. Tapi gimana kalo pas gak ada obat nyamuk, terus kita atau anak-anak kita jadi santapan nyamuk. Pasti gak bisa tidur nyenyak nih karena harus garuk-garuk terus.


Nah, kali ini kita mo berbagai sejumlah tips buat mengatasi gatal karena gigitan nyamuk. Oya, tips meredakan gatal di sini juga bisa digunakan untuk gatal disebabkan oleh berbagai jenis serangga atau karena terkena tumbuhan tertentu ya, jadi gak cuma nyamuk aja. Pokoknya jurus-jurus darurat ini bekerja aman dan cepat en mungkin ada belum pernah pada kepikiran sebelumnya.

Daftar Tips Mengatasi Gatal karena Gigitan Nyamuk

Kalo ada tips yang gak mempan atau emang alergi, bisa nyoba tips lainnya ya.

Air Hangat

Siram bagian yang gatal dengan air hangat selama 2 menit, atau bisa juga dengan dikompres aja dah cukup. Cara kompresnya agak beda ya.. rendam spoon atau kain dengan air panas selama 1 menit, peras sedikit saja, lalu kompreskan pada bagian yang gatal.

Es Batu

Kalo tips ini pasti udah banyak yang nerapin buat meredakan memar, tapi es batu juga oke loh buat meredakan gatal. Terkadang ada orang yang justru bertambah gatal setelah menggunakan air hangat, nah biasanya yang dibutuhkan untuk menanganinya adalah es batu.

Sabun

Pake sabun termasuk tips yang lumayan efektif. Sabunnya gak usah dibasahin kok tinggal gosok langsung aja ke bekas gigitan nyamuk. Bentar aja udah hilang gatalnya. Ssst.. bocorin dikit ya.. pake sabun juga sekaligus bisa mencegah dari gigitan nyamuk loh..

Obat Kumur (Mouthwash)

Di sini mungkin orang lebih kenal dengan merknya ya, itu tuh.. L*st*r*n :) .. Siramkan sebanyak 1 - 2 tutup botol obat kumur ke bagian gatal, kerjanya lumayan cepat buat menghilangkan gatal.

Odol / Pasta Gigi

Wew.. semua perlengkapan mandi bisa dipake nih.. Coba aja diolesin pake odol atau pasta gigi. Rasa dingin dari odol akan meredakan gatal dengan cepat.

Alkohol dan Isolasi Transparan

Yaps.. gak salah kok.. pake alkohol sama isolasi transparan juga bisa. Biasanya para ibu suka punya stok alkohol buat bersih-bersih wajah. Bahan pembersih wajah juga umumnya mengandung alkohol jadi bisa digunakan. Caranya, oleskan sedikit alkohol pada bagian badan yang gatal terus ditutup pake isolasi transparan.

Pengharum Roll On

Pada tau kan Roll On, itu loh pengharum ketiak, ternyata gak cuma buat ngusir BB nih :) Gatal hilang.. wangi datang..

Pasta Bikinan Sendiri

Masih kurang banyak tipsnya? Tambah lagi gan.. nih ada tips dengan menggunakan bahan-bahan yang dicampur dengan air jadi entar bentuknya kayak pasta. Kalo bentuknya belum kayak pasta takarannya di tambah aja.
  1. Campuran Soda Kue + Air
  2. Garam + Air
Oya, setelah tercampur segera dioleskan ya.

Madu

Madu memang buanyak banget manfaatnya, salah satunya ya pereda gatal. Tapi harus madu asli lo, jangan yang abal-abal. Kagak ada epeknya..

Buah-buahan

Ada beberapa buah yang bisa digunakan untuk meredakan gatal.  
  1. Ketimun 
  2. Kulit Jeruk
  3. Kulit Pisang
Rasa dingin di kulit akan membuat gatal gampang reda.

Produk Komersil

Ada beberapa produk yang walau gak spesifik diperuntukkan buat gatal, tapi memang terbukti menghalau aktifitas garuk-garuk kita :)
  1. Vicks Vaporub
  2. Balsem 
Segitu dulu daftar anti gatalnya, silahkan banget kalo ada yang mo nambahin.. entar kita apdet lagi daftarnya..

Oke, semoga jurus-jurus ini bisa menggantikan jurus garukan maut kita.. :)

Makasih ya dah mampir..
Back To Top