Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

12 Manfaat Telur bagi Kesehatan Tubuh

Telur, khususnya telur ayam merupakan salah satu menu harian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang murah dan sehat. Ironisnya, banyak orang yang menghindari makan telur karena takut akan efek samping atau potensi resiko makanan ini.

Ada yang takut jika terlalu sering makan telur dapat membuat jerawat mudah datang. Ada juga yang khawatir banyak makan telur akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh serta meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Namun, penelitian terbaru dari Yale University serta University of Connecticut di Amerika Serikat telah menemukan beberapa hal baru yang dapat mematahkan mitos buruk tentang telur. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang dengan gangguan jantung dapat mengonsumsi telur hingga 2 – 3 butir per hari tanpa masalah atau efek samping terhadap tekanan darah, kolesterol, berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Telur merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pandangan negatif kita terhadap telur harus dirubah saat ini juga. Jika mengonsumsi telur, makanlah bagian kuning maupun putih telur karena kedua bagian tersebut memiliki manfaat yang saling mendukung.

Berikut beberapa alasan kenapa kita sebaiknya rutin mengonsumsi telur.

12 Alasan Mengapa Telur Baik bagi Tubuh



1. Mengandung banyak Vitamin dan Mineral
Telur memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin B, C, D, E, K yang dibutuhkan tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan peptida dalam telur mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Protein Tinggi untuk Otak
Setiap butir telur memiliki kandungan 6 gram protein. Bagi anak-anak, kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk perkembangan otak mereka. Kandungan nutrisi ini juga akan membantu orang dewasa untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan daya ingatnya.

4. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Walaupun telur memiliki kandungan kolesterol, namun jenis kolesterol dalam telur adalah kolesterol HDL (kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh). Telur justru menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat yang merugikan kesehatan jantung). Telur juga memiliki kandungan asam lemak Omega-3 berlimpah yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan jantung sekaligus dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung.

5. Memperbaiki Saraf
Di dalam telur terdapat lecitin. Saat dicerna tubuh, lecitin akan diubah menjadi kolin. Kolin merupakan salah satu bahan yang mendukung kinerja fosfolipid dalam memperbaiki membran sel-sel otak. Kolin ini juga mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebutir telur mampu memenuhi 20% dari asupan kolin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Pada kuning telur terdapat karotenoid lutein dan zeaxanthin. Menurut penelitian, kedua karotenoid ini merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan mata serta mampu mencegah katarak. Kedua zat ini juga bekerja sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas yang mampu merusak retina serta mencegah kerusakan mata akibat penambahan usia (aged-related-degeneration)

7. Memperbaiki Mood
Telur memiliki kandungan triptofan. Di dalam tubuh, triptofan akan diubah menjadi serotonin. Serotonin merupakan salah satu zat yang membantu memperbaiki mood sehingga kita dapat menjaga emosi, memiliki selera makan, serta membantu agar dapat tidur lebih nyenyak dan rileks.

8. Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Dalam sebutir telur terdapat 50mg kalsium. Jika rutin mengonsumsi telur, kalsium ini akan membantu mengurangi resiko terkena kanker payudara dan menjaga kekuatan tulang.

9. Makanan untuk Diet Sehat
Saat melakukan diet, kita harus memperhitungkan asupan kalori dengan tepat. Asam amino esensial dalam telur akan membantu mengontrol tingkat penyerapan kalori oleh tubuh. Telur merupakan makanan bergizi dengan jumlah kalori yang sedikit sehingga baik dikonsumsi saat melakukan diet sehat.

10. Menjaga Kesehatan Rambut
Jika anda memiliki masalah ketombe yang cukup berat sehingga harus menggunakan shampoo berkali-kali untuk membersihkannya, mungkin anda dapat mencoba cara alternatif ini. Cobalah untuk memijat kulit kepala dengan cairan telur, biarkan selama setengah jam lalu bilaslah dengan shampoo hingga bersih. Telur juga memiliki kandungan sulfur, mineral serta vitamin yang membantu kesuburan rambut dan pertumbuhan kuku.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Setiap butir telur memiliki 19% vitamin A yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu zat besi pada telur juga akan menjaga kekebalan tubuh serta menormalkan produksi sel darah merah.

12. Membantu Pertumbuhan Otak pada Janin
Telur merupakan makanan yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Kandungan kolin dan omega-3 akan bekerja memaksimalkan pertumbuhan otak janin mencegah cacat pada sistem syarafnya.

Walaupun para peneliti di dunia masih berdebat tentang resiko telur, yang pasti, dengan sejumlah manfaat di atas, memang kita sebaiknya tetap mengonsumsi dalam batas yang wajar. Tingkatan wajar konsumsi telur ini bergantung pada konsumsi kita terhadap jenis makanan lain. Karena telur sendiri banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam hampir semua jenis makanan ringan atau snack yang ada di pasaran.

Jadi, sudahkah anda makan telur hari ini?

Sumber:
1 2 3 4
Tag : Kesehatan, Telur
Back To Top