Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sebelumnya kami tidak pernah mengalami masalah ini. Namun, beberapa bulan yang lalu, rambut rontok kian sering terjadi. Pada saat menyisir, selalu saja ada beberapa helai rambut yang terlepas dan semakin lama, semakin banyak yang rontok.

Kekhawatiran akan kebotakan membuat kami segera mencari cara untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Setelah melakukan browsing sana-sini, akhirnya kami menemukan beberapa informasi menarik untuk mengatasi masalah kerontokan ini.

Tips ini pastinya dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita, remaja maupun orang dewasa.

Perawatan Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok terdiri atas 2 bagian, yaitu perawatan dari dalam dan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam dilakukan dengan cara diet untuk menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Sedangkan perawatan luar dilakukan dengan menggunakan produk shampoo atau perawatan rambut lainnya.

Diet untuk Mengatasi Rambut Rontok

Diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan, karena arti kata diet sendiri adalah menjaga kebiasaan makan. Jadi apa saja jenis makanan yang dimakan akan sangat berpengaruh bagi tubuh secara keseluruhan.

Jenis Makanan yang disarankan untuk mengatasi masalah rambut rontok baik pada pria maupun wanita adalah,

1. Kacang-kacangan

Sumber makanan: kacang tanah, kacang mete, dan sayuran kacang-kacangan lainnya.

Makanan jenis ini mengandung minyak sebagai elastin bagi rambut yang akan mendukung pertumbuhan rambut. Kekurangan minyak ini dapat membuat rambut menjadi gampang putus. Makanlah secukupnya saja, jangan berlebihan, karena justru dapat membuat rambut lemas.

2. Sayuran Hijau

Sumber makanan: bayam, sawi, kangkung, seledri, daun singkong, pare, brokoli, timun dan lainnya.

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Sayuran seperti bayam memiliki kandungan mineral seperti zat besi, beta karoten, folat serta vitamin C yang menjaga kesehatan folikel rambut serta membantu peredaran minyak di kulit kepala.

3. Vitamin A

Sumber makanan: hati, minyak ikan, telur, susu, wortel

Vitamin A berfungsi untuk memperbaiki dan membantu pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh secara keseluruhan. Rambut juga termasuk sel-sel tubuh yang terus mengalami regenerasi. Jika tubuh tidak mampu melakukan regenerasi sel dengan cepat. Rambut akan rontok dengan cepat dan dapat mengakibatkan kebotakan.

4. Zinc (seng)

Sumber makanan: daging merah (daging sapi), unggas, hati, kerang, udang, kuning telur, kacang-kacangan, dan produk berbahan kedelai atau gandum.

Zinc merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun tubuh hanya membutuhkan Zinc dalam kadar yang sedikit, namun kekurangan Zinc dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut. Zinc juga dapat mencegah munculnya rambut beruban. Konsumsi kalsium yang berlebihan juga dapat mengurangi penyerapan Zinc oleh tubuh. Oleh karena itu, kurangi konsumsi teh, kopi serta minuman ber-cola.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, konsumsilah makanan yang mengandung Zinc tersebut sebelum tidur.
Berbagai jenis makanan di atas dapat kita konsumsi dengan jumlah secukupnya dan tak perlu berlebih. Karena tubuh sebenarnya tidak membutuhkan asupan vitamin ataupun mineral dalam jumlah yang berlebih. Namun kerontokan rambut merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan zat-zat yang dibutuhkan untuk menjaga rambut.

Perawatan Luar untuk Rambut Rontok

Selain diet, juga dibutuhkan perawatan luar untuk mencegah kerontokan rambut ini. Pada umumnya perawatan luar ini berkisar seputar pemijatan kulit kepala dengan bahan tambahan agar hasil bisa lebih maksimal. 

Berikut beberapa bahan yang kami gunakan,

1. Minyak Alami

Berbagai jenis minyak alami yang dapat digunakan antara lain, minyak kelapa dan minyak zaitun. Caranya, hangatkan minyak, lalu pijatkan perlahan ke kulit kepala. Bungkus kepala dengan topi mandi (shower cap) dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu bilaslah dengan shampoo.

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang akan mencegah kulit kepala menjadi kering. Kami menggunakan cara ini jika hendak beraktivitas di luar rumah.

2. Jus Tanaman Obat

Ada beberapa jenis tanaman obat yang baik untuk mengatasi kerontokan rambut seperti bawang putih, bawang merah, jahe dan ginseng. Caranya kupas kulitnya dan blender hingga berbentuk jus. Laburkan jus ke kulit kepala dan pijatlah perlahan. Pijatan ini membantu menstimulasi folikel rambut dan penyerapan jus ke kulit kepala. Biarkan selama 30 - 60 menit lalu bilas hingga bersih.

Kami memilih jus bawang merah sebagai terapi untuk rambut rontok. Memang aromanya "super" menyengat, namun hasil yang didapat "luar biasa". Jika anda alergi dengan bawang merah, mungkin dapat menggunakan jus ginseng yang lebih segar aromanya. 

3. Tonic Rambut

Biasakan untuk memijat kulit kepala beberapa kali sehari dengan tambahan tonic rambut. Pijatan tak perlu lama, cukup 3 - 5 menit. Pijatan rutin akan membuat folikel rambut lebih aktif. Pijatan akan membantu sirkulasi darah di kulit kepala.

Kami melakukan pijatan dengan salah satu produk tonic rambut yang dapat ditemui di pasaran. Cukup siram beberapa tetes tonic pada kulit kepala dan pijatlah perlahan. Pijatan ini membuat kulit kepala terasa lebih segar.

4. Green Tea

Green Tea (Teh Hijau) memiliki kandungan antioksidan yang telah terbukti baik untuk mencegah kerontokan rambut serta dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya, buat teh dengan air hangat, dan laburkan ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 1 jam lalu bilas hingga bersih.

Anda dapat menggunakan cara ini jika tidak tahan dengan aroma jus bawang serta susah menemukan ginseng.

Cara yang paling berhasil menurut kami adalah dengan jus bawang merah. Metode ini memberikan hasil dalam 6 minggu pemakaian. Kami melakukan terapi dengan jus 2 minggu sekali. Mungkin jika masalah kerontokan rambut anda sudah terlalu parah, tentunya intensitas terapi harus lebih tinggi. 

Diet dan perawatan luar yang kami lakukan telah berhasil mengatasi masalah kerontokan rambut. Untuk diet tidak terlalu susah dijalani karena jenis makanan tersebut sudah menjadi menu harian kami, namun untuk terapi perawatan luar memang butuh kesabaran.

Semoga cara ini juga dapat membantu anda untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, selamat mencoba.

Author: Iva Nadhif

Artikel menarik lainnya: Cara alami mengatasi jerawat

Sumber
1 2 3 4

Tag : Kesehatan, rambut
Back To Top