Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Browsing Super Aman dengan Tor

Seiring dengan semakin mudahnya akses internet, semua orang dapat melakukan browsing dimana dan kapan saja.

Apalagi dengan semakin meluasnya jaringan wifi @wifi.id milik Telkom, akses murah internet yang benar-benar unlimited kini menjadi kenyataan.

Sesuatu yang seharusnya sudah dilakukan Telkom satu dekade yang lalu!

Masalah privasi saat browsing sudah lama menjadi perhatian utama para teknisi internet. Ini karena hampir semua website selalu menitipkan jejak mereka pada komputer kita. Jejak ini kemudian dapat digunakan oleh berbagai pihak untuk menelusuri aktivitas browsing kita.

Jika Anda benar-benar ingin aman dan mendapatkan privasi lebih saat berselancar, atau secure browsing. Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi pengamanan browsing yang telah terkenal di dunia maya.

Aplikasi itu adalah Tor. Tor merupakan freeware yang didukung oleh jaringan internet khusus. Setiap pengguna Tor adalah akan menjadi bagian dari jaringan tersebut dan dengan sendirinya akan memperluas jaringan Tor. Prinsip kerja Tor hampir sama dengan Torrent, jaringan internet yang khusus untuk download file.

Kelebihan dan Kelemahan Tor

Sebelum Anda memilih untuk menggunakan software ini akan kami paparkan kelebihan dan kelemahan Tor sekaligus menjelaskan apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh Tor.

Kelebihan Tor

  1. Menyembunyikan IP Address sehingga lokasi asli kita lebih sulit untuk dilacak.
  2. Melakukan enkripsi (menyandi) setiap data yang keluar masuk melalui koneksi Tor.
  3. Aktivitas browsing Anda jauh lebih sulit ditelusuri.
  4. Dapat melewati proteksi DNS seperti Nawala atau lainnya.
  5. Lebih aman digunakan untuk mengakses website berkategori hidden service.

Kelemahan Tor

  1. Koneksi kurang reliable, bisa cepat atau lambat, walaupun bandwidth Anda sudah besar.
  2. Tidak dapat digunakan untuk aplikasi p2p seperti Torrent.
  3. Secara default, Tor hanya melindungi aplikasi bawaannya. Anda dapat menambahkan aplikasi lain, untuk menggunakan Tor, namun bagi user awam, pengaturan Tor agak tricky.

Buka Blokir Internet dengan Tor Browser

Seperti yang disebutkan di atas, dengan Tor kita juga dapat melakukan browsing bebas blokir. Dalam paket download terdapat aplikasi Tor Browser yang dikembangkan dari proyek Mozilla Firefox.

Tampilan aplikasi Tor Browser 100% sama dengan Firefox, namun dengan pengaturan proxy khusus yang akan melalui jaringan khusus pula. Sehingga kita dapat langsung menggunakannya untuk browsing kemana saja dan yang pasti jauh lebih aman dibanding menggunakan Firefox, Chrome, Internet Explorer atau browser lainnya.


Paket Tor Browser tidak perlu di install. Anda tinggal mendownload Tor Browser Bundle, mengekstraknya, lalu menjalankannya. Setelah berhasil terhubung dengan Tor Network (jaringan Tor), Tor Browser yang mirip Firefox akan terbuka dan siap untuk digunakan untuk browsing aman tanpa terdeteksi dan bebas blokir internet.

Siap untuk mencoba? Download tor browser bundle di sini

Sumber: 1
Back To Top