Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Alami Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Setelah sebelumnya kami telah mem-posting artikel tentang cara mengatasi jerawat secara alami, sekarang kita akan mengenal lebih jauh beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat.

Setiap cara pencegahan di sini berhubungan erat dengan pemicu kemunculan jerawat. Jadi sangat disarankan kenali dulu faktor apa yang menjadi penyebab hadirnya di kulit Anda.

Pemaparan tentang faktor penyebab jerawat juga telah dibahas pada artikel cara alami mengatasi jerawat.

Setelah jerawat sembuh, tentunya kita sangat berharap jerawat tidak datang lagi. Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber beberapa cara dapat dilakukan mencegah dan mengurangi kehadiran jerawat.

1. Menjaga kebersihan kulit.

Bersihkan kulit secara teratur dengan air bersih beberapa kali dalam sehari. Jika anda khawatir air dapat membuat kulit kering, coba gunakan minyak kelapa sebagai bahan pelembab alami.

Hindari penggunaan produk dengan bahan kimia, khususnya bahan comedogenic yang justru dapat merusak sel-sel kulit.

2. Diet Rendah Glycemic

Makanan yang dengan kadar Glycemic (GI) yang tinggi seperti jus buah dengan pemanis tambahan, minuman manis, permen, pasta, kentang goreng dan panggang, sereal rendah serat, makaroni, keju, kismis, pizza dan kurma.

Jenis makanan tersebut akan mempengaruhi tingkat hormon insulin yang kemudian akan meningkatkan produksi hormon androgen dan dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Pada wanita produksi hormon ini bertambah secara alami khususnya di saat sedang haid.

Jika anda termasuk orang yang terlalu sering mengalami masalah jerawat cobalah untuk merubah kebiasaan makan anda.

Pilihlah makanan dengan kandungan GI yang rendah seperti kacang-kacangan, buah-buahan segar, sayuran, serta makanan dengan kandungan serat tinggi lainnya. Selama makanan tersebut diolah tanpa pemanis berlebih, anda tetap dapat mengkonsumsinya.

Diet ini dengan sendirinya akan menjaga produksi hormon (faktor penyebab jerawat ke 3) dan mencegah dan menyembuhkan jerawat secara alami.

Istilah Glycemic sendiri dalam dunia medis sering dikaitkan dengan mereka yang memiliki gangguan kolesterol dan masalah gula (diabetes).

3. Mengurangi Konsumsi Susu

Secara alami, susu mengandung androgen dan hormon pertumbuhan yang dapat merangsang perkembangan jerawat.

The Nurse's Health Study di US yang meneliti sebanyak 47.000 orang perawat menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak susu saat remaja memiliki masalah jerawat yang lebih parah dibanding yang minum lebih sedikit.

Produk susu dengan kandungan gula tinggi cenderung memicu kemunculan jerawat. Jadi disarankan untuk meminum susu dengan sedikit atau tanpa gula. Susu segar tanpa campuran apapun juga tidak memiliki kandungan gula berlebih dan telah terbukti baik bagi tubuh.

4. Mengkonsumsi Mineral Zinc

Senyawa Zinc (Zn) merupakan mineral yang dapat membantu mengatasi radang pada kulit yang menyebabkan jerawat. Mineral Zinc dapat ditemukan pada makanan seperti tiram, daging merah, unggas, kacang-kacangan, seafood dan sereal.

Konsumsi Zinc secara sehat dan tidak berlebih terbukti dapat membantu mengatasi peradangan kulit serta menjaga kecantikan kulit.


Demikian beberapa cara alami untuk mengurangi atau bahkan dapat mencegah jerawat muncul kembali. Pada dasarnya cara-cara di atas sangat berhubungan erat dengan jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi anda yang sedang mencari cara untuk mengurangi dan mencegah kemungkinan jerawat muncul atau datang kembali.
Tag : Kesehatan, Kulit
Back To Top