Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa

Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa - Bulan puasa tiba, tak ada waktu lagi untuk memikirkan makanan sehat untuk diet cepat. Sebab dengan dimulainya puasa ramadan, yang tepat adalah memikirkan menu yang sehat untuk berbuka puasa tiap hari. Syarat menu buka puasa yang sehat dan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap adalah empat sehat lima sempurna, dan akan membantu kamu tetap bugar serta selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa. Jika sudah demikian, maka tidak ada lagi masalah letih dan lesu karena puasa seharian.

Nah, berikut ini adalah cara untuk mengatur menu buka puasa supaya semua kebutuhan nutrisi penting terpenuhi dan bisa juga untuk menghindari kalori yang tidak dibutuhkan tubuh kita.


Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa
Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa

    Pilih Makanan yang Sehat

    Hal pertama untuk menentukan makanan yang akan dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa, selalu pilih secara bijak. Coba pilih makanan yang sehat seperti buah-buahan, atau sayuran, aneka daging dan kacang-kacangan dan susu jangan lupa. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu, maka variasikan pilihan menunya, usahakan jangan monoton. Cobalah memilih sayuran dan buah yang banyak, bisa untuk memulihkan energi kamu selama berpuasa lho.

    Masak dengan Cara Sehat

    Kemudian cobalah untuk mengolah makanan dengan cara sehat, apabila makanan tersebut dapat dikukus alih-alih digoreng, maka baiknya pilih dikukus saja untuk memasaknya. Dengan metode memasak yang tepat dan sehat, maka akan membuat makanan yang tersaji pun terjamin kesehatannya. Baik pula untuk tubuh kita.

    Kontrol Porsi Makanmu

    Walaupun tengah puasa, selalu mengontrol porsi makan ya. Sekalipun jangan jadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam lapar di siang hari. bahkan selain itu makan terlalu banyak juga akan menyebabkan perut menjadi buncit, kegemukan dan memberi efek tidak nyaman saat beraktivitas.

    Seimbangkan Menu Buka Puasa

    Nah, untuk makan yang seimbang, maka cobalah untuk membagi piring kamu menjadi tiga bagian. Misalnya sepertiga bagian untuk karbohidrat seperti nasi atau kentang, sepertiga untuk daging atau  juga alternatif lainnya dan setengah untuk sayuran. Maka hal ini akan membantu kamu untuk menjaga keseimbangan menu buka puasaserta mampu untuk menghindari kalori yang berlebihan.
 
    Bervariasi

    Usahakan untuk memilih menu secara bervariasi jangan satu menu saja yang monoton. Sebab pilihan menu yang bervariasi bisa membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dengan asupan menu yang bervariasi akan membantu mencegah tubuh kekurangan nutrisi keseharian.

Kemudian selama berpuasa hindari minuman kemasan yang mengandung pengawet serta pemanis buatan. Daripada meminum jus dengan gula, mengkonsumsi buah segar secara langsung jauh lebih baik karena bebas pemanis tambahan. 


Itulah dia artikel tentang Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa. Simak juga Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa. Dengan disiplin menyantap makanan yang bergizi saat puasa, maka ibadah kita satu bulan penuh akan lancar.
Back To Top