Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Jika Anda Memiliki Gejala Ini, Bisa Jadi Terkena Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV



Infeksi menular seksual atau IMS, adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Infeksi dpt disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Penularan terjadi melalui darah, cairan kelamin, dan juga cairan tubuh lainnya.

Tidak sedikit juga kasus IMS yg terjadi bukan akibat kontak seksual misalnya: penularan dari seorang ibu kepada bayinya, atau pemakaian jarum suntik atau darah yang tercemar bakteri/virus .
Oleh karena itu, semua orang bisa saja terinfeksi penyakit menular seksual.

Risiko penularan IMS jauh lebih tinggi pada golongan populasi yang melakukan seks bebas yang berujung pada penularan virus HIV.

Baca Juga : Inilah Buah Yang Tertulis di Dalam Al Quran, mampu Mengobati Sejuta Penyakit.

Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini, umumnya berada di dalam cairan tubuh penderita. Hingga kini, belum ditemukan obat yang sepenuhnya dapat menghilangkan HIV dari dalam tubuh.
Pengobatan HIV umumnya dilakukan untuk memperpanjang usia dan meredakan gejala yang muncul akibat HIV.

Sama halnya dengan infeksi lain, infeksi menular seksual dapat diobati, asalkan terdeteksi sejak dini. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengenal gejala-gejalanya.

Pada wanita, keluhan adanya keputihan atau pada laki- laki berupa keluarnya cairah / nanah dari saluran kemih merupakan salah satu gejala dari infeksi menular seksual.

Luka di genital seperti sifilis dan herpes juga bisa menjadi sebuah tanda dari gejala IMS. Selain itu, Anda juga harus mewaspadai tonjolan seperti kutil yang bisa timbul di daerah genital.
Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari masalah infeksi menular seksual, di antaranya:

1. Hindari kontak seksual dengan bukan pasangan Anda.
2. Tidak berganti-ganti pasangan seksual.
3. Lakukan seks aman, dengan menggunakan kondom.
4. Jauhkan diri dari narkoba, dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.

Jika Anda “merasa tertular” IMS dan menemukan beberapa gejala IMS terjadi pada Anda, jangan berusaha untuk mengobati infeksi tersebut sendiri.

Segera konsultasikan masalah ini pada dokter spesialis kulit dan kelamin.Jika dibiarkan terlalu lama, IMS dapat menyebabkan beberapa komplikasi dan berdampak pada kesehatan tubuh Anda

Sumber : sumbar1.com
Tag : Kesehatan
Back To Top