Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Puasa Ramadhan



Bulan Ramadhan datang setiap tahun selama satu bulan lamanya, dan bulan Ramadhan wajib bagi semua Muslim, kecuali jika seorang muslim sedang sakit atau melaksanakan bepergian jauh.

Melaksanakan puasa di bulan Ramadan melaksanakannya harus dengan ikhlas, Seorang muslim harus mempunyai tiga keyakinan dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Apabila ingin mendapatkan pahala yang melimpah.

Yang tidak boleh dilakukan pada saat berpuasa :
Makan dan minum, hubungan suami istri, berkata kasar, berbohong, mencuri atau bertikai.

Keimanan:
Harus percaya dan yakin kepada Allah, bahwa Allah adalah yang menciptakan alam semesta.

Taqwa:
Mencintai Allah dan nabi Muhammad SAW.

Apa itu pantangan di bulan Ramadhan?

Pantangan berarti segala sesuatu yang dilarang selama bulan ramadhan.
Berpuasa di bulan Ramadhan, tidak hanya menahan makan dan minum dari mulai terbit matahari sampai terbenamnya matahari, tetapi sebagai pengingat bagi umat muslim. Berpuasa di bulan Ramadhan juga mengingatkan muslim untuk saling berbagi terutama untuk mereka yang mampu secara materi, untuk berbagi dengan saudara muslim yang membutuhkan. Sehingga semua umat muslim bisa merasakan kebahagiaan yang sama di bulan suci Ramadhan ini.


Selain tidak makan dan minum, umat muslim juga dilarang melakukan hubungan badan dengan pasangan (Suami/Istri). Tetapi hubungan seksual dapat dilakukan setelah berbuka puasa sampai sebelum imsak / sebelum terbitnya matahari. Apabila telah melakukan hubungan badan dengan suami / istri, maka harus mandi wajib sebelum terbenamnya matahari atau sebelum imsak..

Seorang muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa juga harus menjaga perkataannya, tidak boleh mengeluarkan kata-kata kasar. Dan tidak boleh menonton tayangan yang bisa membatalkan ibadah puasa. Selama bulan puasa seorang muslim juga tidak boleh berbohong, mencuri, atau membicarakan orang lain, semuanya harus dijaga dengan benar supaya tidak mengurangi pahala ibadah puasa.

Apabila seorang muslim ketika sedang melaksanakan ibadah puasa tiba – tiba ia lupa memakan sesuatu dengan tidak di sengaja, maka puasa boleh di lanjutkan dengan kembali membaca niat.

Tauhid, prinsip utama dari puasa
Tauhid adalah keyakinan bahwa tiada tuhan selain Allah, dan tidak boleh menyembah selain kepada Allah. Karena apabila seorang muslim menyembah selain kepada Allah, maka dosanya tidak dapat diampuni. Karena syirik merupakan dosa yang sangat besar.

Dalam Islam, setiap muslim harus yakini bahwa rezeki, kesehatan adalah pemberian Allah dan harus percaya bahwa Allah maha adil.

Taqwa kepada Allah adalah prinsip ketiga puasa.

Dalam Islam, Muslim harus mencintai Allah dan Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW.

Ketika Allah telah memerintahkan Muslim berpuasa, seorang Muslim harus melaksanakannya dan melaksanakan ibadah Zakat fitrah di akhir bulan puasa adalah wajib. Mencintai Nabi Muhammad SAW adalah suatu kewajiban dalam Islam; Inilah sebabnya mengapa ketika Nabi Muhammad dihina, seluruh umat Muslim menangis.

Melaksanakan ibadah puasa harus dilaksanakan dengan sungguh - sungguh, maka apabila seorang muslim melaksanakan ibadah puasa dengan sungguh – sungguh, akan mendapatkan pahala yang besar dan mendapatkan surga.

Tag : Islam
Back To Top