Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Tips Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik


Tips Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik - Lebaran hanya hitungan hari, maslaah mudik sudah mulai ramai dibicarakan. Banyak orang pasti sudah mempersiapkan perlengkapan dan macam-macam keperluan untuk mudik. Memang pulang ke kampung halaman pasti sudah menjadi salah satu budaya saat lebaran. Namun terkadang mudik juga penuh tantangan, apalagi bagi yang mengalami mabuk perjalanan. Menyantap makanan yang menyehatkan saja tak cukup mengatasi mual saat mudik.

Apabila kamu atau anggota keluarga termasuk yang sering mengalaminya, tentunya kamu perlu membaca tips berikut ini, supaya bisa mengatasi mabuk perjalanan saat mudik kelak.


Tips Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik
Tips Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik

    Posisi Duduk

    Apabila kamu naik kapal laut, selalu pilih kabin tengah agar saat kapal bergoyang nanti kamu tetap merasa nyaman. Tapi terkadang ada juga yang lebih baik melihat ke luar jendela dan usahakan terkena angin saat naik kapal agar tak terasa makin pusing dan mabuk. Dengan ambil posisi menghadap ke depan atau juga duduk saja di bagian luar kabin, supaya kamu bisa melihat pemandangan.

    Kemudian jika naik bis, maka usahakan dapat tempat duduk yang menghadap depan dan bisa juga di samping sopir, bisa juga memilih di samping jendela. Kemudian bila naik kereta usahakan dapat  tempat duduk yang satu arah dengan jalannya kereta. Lantas rilekslah saat duduk, kemudian jangan terlalu tegang dan juga berpikir mabuk, sebab hal ini justru membuatmu gampang mual dan akhirnya muntah.

    Sarapan

    Karena penting sarapan dulu sebelum berangkat perjalanan jauh. Pokoknya jangan biarkan perut kosong karena dengan lambung kosong justru akan memproduksi asam yang berlebihan. Sebab hal inilah yang tentunya membuatmu cepat merasa mual dan mabuk. Namun jangan terlalu banyak. Beda halnya jika mudik masih dalam jadwal puasa yaa..

    Pilihan Makanan

    Coba hindari makan makanan berlemak, atau produk susu atau jus yang terasa asam. Kemudian sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh hangat atau minum wedang jahe hangat untuk mencegah rasa mual. Selain itu kamu juga bisa mengunyah permen jahe atau mint yang segar untuk menghilangkan rasa enek. Inilah enaknya berangkat malam.

    Jangan Membaca

    Apabila kamu kira dengan membaca buku, kemudian berarti kamu bisa mengalihkan rasa mual dan hindarkan pusing di dalam kendaraan, sebenarnya kamu salah. Ternyata dengan baca buku justru akan membuat kamu malah mudah merasa mual. Lalu jika jenuh, coba dengarkan musik dan nikmati pemandangan hijau di luar jendela mobil saja.

    Cukup Udara

    Selalu pastikan kamu mendapat udara cukup di dalam kendaraan, sebab udara pengap dan udara berbau campur aduk adalah pemicu utama rasa mual dan mabuk perjalanan. Dengan duduk dekat jendela, memilih kendaraan AC, mencari tempat longgar dan lain sebagainya bisa membantu hindarkan mabuk.

    Tidur

    Mencoba tidur dalam perjalanan akan sangat membantu untuk mengalihkan rasa pusing dan juga mual saat perjalanan. Maka posisikan tubuh dalam keadaan rileks dan santai, baik itu duduk atau juga berbaring. Bahkan jika perlu bawalah sebuah bantal traveling yang nyaman dan bantal yang mudah dibawa-bawa.

    Minum obat anti-mabuk

    Nah, cara terakhir ini paling ampuh. Cukup minum saja obat anti mabuk. Akan tetapi risikonya, nanti kamu akan mudah mengantuk. Kemudian jika melakukan perjalanan jauh sendirian, maka sebaiknya kamu hindari. Sebab dengan membawa barang-barang berharga dan kemudian kamu tertidur lalu sialnya tasmu digeledah dan dicuri, maka kamu bisa jadi tidak tahu.

Selain itu kamu juga bisa membawa minyak kayu putih atau juga membawa minyak lainnya yang bisa membantumu mengatasi rasa mabuk perjalanan selama mudik. Jangan lupa jika mudik selepas menyantap menu makanan sehat saat buka. Nah, itu dia sekian Tips Atasi Mabuk Kendaraan Saat Mudik lebaran nanti. Simak juga Makanan yang Wajib Ada Saat Kekurangan Vitamin C. Semoga perjalanan ke kampung halaman lancar dan menyenangkan ya!
Back To Top