Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Tips Olahraga Saat Berpuasa

Tips Olahraga Saat Berpuasa - Bulan puasa menjadi momen istimewa untuk melaksanakan ibadah, karena semua amalan akan dilipatgandakan dan menjadi momen pas untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi. Tapi saat puasa, selain tetap menyantap makanan sehat dan bergizi saat buka atau sahur, berolahraga juga penting. Namun puasa sehari penuh malah menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan banyak orang, terutama jika ingin melakukan olahraga, yang paling utama adalah ancaman berkeringat , rasa gerah dan haus yang tak tertahankan.

Tips Olahraga Saat Berpuasa
Tips Olahraga Saat Berpuasa


Akan tetapi tak ada salahnya olahraga saat puasa, terutama bagi kamu yang memang sudah terbiasa olahraga rutin harian. Sebab olahraga selama puasa tergantung dari bagaimana kamu merasakan tubuhmu, diukur dari kekuatan tubuh. Tak ada keharusan olahraga saat puasa, tetapi melatih tubuh secara fisik selama puas punya banyak manfaat lho.

Kemudian salah satu manfaat utama olahraga selama kita berpuasa adalah melunturkan lemak tubuh yang mengganggu. Bahkan dokter menyarankan untuk melakukan olahraga ringan saat puasa, sebab tak akan mengganggu jalannya puasa, malah dengan hal ini justru membantu melancarkan sistem peredaran darah dan serta bisa memberi waktu organ tubuh supaya metabolisme lancar, terutama pencernaan untuk istirahat sejenak dari aktivitas makan.

Lantas kapan waktu terbaik untuk olahraga? Tentu saja hal ini tergantung aktivitas harian dan kondisi fisik pribadi kita masing-masing. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah bisa jalan-jalan santai mendekati iftar atau sampai waktunya berbuka. Olahraga juga bisa juga dilakukan setelah berbuka puasa lho, sebab tubuh sudah memenuhi kebutuhan makan dan minum yang cukup.

Supaya  badan tetap fit dan segar selama puasa, bahkan kamu juga bisa memilih olahraga angkat beban. Dengan melakukan angkat beban bisa melatih otot tetap kencang selama puasa. Bahkan penting bagi setiap orang menemukan olahraga terbaik yang cocok untuk tubuhnya sendiri. Maka pastikan saja kamu tidak terlalu keras olahraga supaya tidak sampai batal puasanya.

Ini dia tips yang bisa olahraga sambil puasa seharian :

- Minum yang cukup atau banyak-banyak setelah buka dan selama sahur.
- Cukup lakukan olahraga kardio yang ringan seperti berjalan dan bersepeda santai.
- Lakukan olahraga cukup 30 menit saja, atau maksimal 60 menit jika tubuh kuat.
- Jangan lupa minum air kelapa muda untuk mengganti elekrolit tubuh dan untuk menghilangkan
dehidrasi saat berbuka puasa nanti.
- Ingat untuk jangan makan makanan berlemak, atau asin dan berminyak untuk menu buka puasa dan sahur karena mudah membuatmu dehidrasi saja.

Ingat, berpuasa adalah tentang melatih ketahanan diri, menahan ego dan kedisiplinan. Maka jika kamu bisa melakukannya dengan baik, maka sama saja kamu melatih dirimu lebih baik dalam segala hal, jadi bukan hanya mendapat manfaat kesehatan fisik, akan tetapi juga mental dan kedekatan terhadap Tuhan yang maha esa.

Nah, itulah dia Tips Olahraga Saat Berpuasa. Simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja adalah tentang makanan sehat untuk bayi atau juga menu sehat buka puasa. Contohnya Manfaat Makanan Buah Kersen Untuk Kesehatan.
Back To Top