Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Atasi Nyeri Haid Dengan Mudah

Cara Atasi Nyeri Haid Dengan Mudah - Ada hal yang wajar terjadi saat muncul tamu bulanan, yakni nyeri saat datang bulan atau yang disebut nyeri haid biasanya terjadi karena dinding rahim yang telah mengalami kontraksi. Disebabkan oleh karena kontraksi ini, jadi pembuluh darah akan terjepit dan akhirnya kemudian menimbulkan iksemi jaringan. Itulah mengapa perut menjadi sangat nyeri, lalu kemudian punggung kaku dan muncul rasa sakit serta badan meriang. Jadi seperti yang kita tahu, terjadinya nyeri haid adalah suatu hal yang biasa dialami oleh wanita. Kemudian nyeri ini sendiri bisa sangat parah atau bisa juga hanya nyeri yang biasa saja dan tidak terlalu parah atau sakit. Makanan tidak sehat seperti junk food dan makanan pedas bisa memperparah keadaannya lho.

Nah, untuk meredakan nyerinya sebaiknya coba lakukan cara di bawah ini :

    Minum Kunyit Asam

    Memang sejak zaman dulu kunyit asam memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan kita. Serta salah satu manfaatnya adalah menjadi minuman pereda nyeri haid. Minuman kunyit asam ini bisa diminum saat haid hari pertama. Bahkanakan lebih baik dan berkhasiat untuk mengatasi nyeri apabila kunyit asam ini diseduh menggunakan air panas dan diminum selagi hangat kuku.
    Kompres Hangat

    Lantas cara kedua yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri haid adalah kompres hangat di perut. Caranya siapkan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat lalu setelah itu kompres ke perut yang nyeri. Misalnya tidak mau perut basah, maka kita bisa memakai botol bersih yang diisi  oleh air hangat dan meletakkannya di atas perut. Kemudian saat mengompres perut ini, maka usahakan agar kamu sambil istirahat juga.
    Hindari Memakai Pakaian Ketat

    Kemudian cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah hindari mengenakan pakaian ketat saat tengah mengalami nyeri haid. Sebab pakaian ketat justru bisa membuat nyeri tersebut semakin parah dan kemudian kulit menjadi lebih mudah mengalami masalah selulit. Bahkan usahakan untuk memakai pakaian yang longgar dan nyaman saat mengalami nyeri haid itu.




    Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

    Jadi biasanya, ketika sedang haid atau datang bulan wanita seringkali mengalami anemia dan mengalami kekurangan sel darah merah. Jadi saat sel darah merah dalam tubuh berkurang, hal ini dikhawatirkan akan membuat tubuh menjadi semakin lemas dan membuat tubuh lebih mudah merasakan sakit akibat nyeri haid. Untuk mengatasinya, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Contoh makanan kaya zat besi tersebut antara lain adalah makanan dari hati ayam, sayur bayam dan masih banyak lagi yang lain.
    Istirahat Cukup

    Kemudian cara paling cerdas dan paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri berlebih saat muncul haid atau datang bulan adalah istirahat cukup. Jadi istirahat ini bisa dilakukan dengan tidur dengan posisi miring di salah satu sisi badan. Jadi di sela-sela istirahat ini, maka kita juga bisa sambil melakukan gerakan sederhana yang meminimalisir rasa sakit akibat haid itu sendiri.

Nah, itulah beberapa cara cerdas yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri berlebih saat tiba waktunya datang bulan atau haid. Semoga,Cara Atasi Nyeri Haid Dengan Mudah ini bermanfaat. Simak juga Akibat Kekurangan Vitamin D.
Back To Top