Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Efektif Atasi Kram Kaki Mendadak

Cara Efektif Atasi Kram Kaki Mendadak - Ketika kita melakukan olahraga kurang pemanasan atau juga ketika kita dehidrasi, beberapa otot tubuh terutama kaki akan sangat mudah kram secara tak diduga. Kaena saat dehidrasi, kondisi dalam tubuh jadi kurangnya elektrolit sehingga otot kurang elastis dan akhirnya kurang optimal saat melakukan kontraksi otot. Maka, begitu pula saat kurang olahraga, semua otot perlu menyesuaikan dulu sebelum mampu untuk melakukan gerakan yang lebih berat dan tak biasa dari biasanya.

Memang terkadang kram otot bisa berlangsung sebentar, akan tetapi tak jarang juga berlangsung lama dan juga bisa terjadi berkali-kali. Untuk mengatasinya, maka kita bisa coba cara di bawah ini :

Cara Efektif Atasi Kram Kaki Mendadak
Cara Efektif Atasi Kram Kaki Mendadak


    Mandi air hangat

    Memang tentu saja ini tak bisa jadi solusi cepat dan bisa dilakukan secara tiba-tiba. Coba bayangkan ketika kamu sedang berlari mengelilingi kota, kemudian di tengah jalan kram, tentu saja kita tak akan bisa menunggu lama hingga sampai rumah dan langsung mandi air hangat kan? Maka karena itulah cara ini bisa kita lakukan saat berada di rumah. Beberapa gayung air hangat yang nyaman mengguyur tubuh akan membuat otot rileks, merasa tenang dan kendur.

    Minum air garam

    Bisa jadi kita semua mungkin merasa aneh minum garam sebelum olahraga atau bahkan saat terjadinya kram. Akan tetapi minum air garam memang sangat membantu mencegah dan juga dalam mengatasi kram karena kandungan elektrolit dalam garam itu sendiri. Persis seperti yang kamu tahu, bahwa elektrolit berfungsi menjaga kinerja optimal otot kita.

    Makan pisang

    Kemudian cara ini adalah yang paling simpel dan cara yang mudah dilakukan. Sebab kita hanya butuh bekal pisang dan juga air minum secukupnya saat melakukan olahraga. Buah pisang ini punya kandungan kalium (atau potassium) yaitu kandungan alami yang juga dapat menjaga fungsi normal otot tubuh.

    Minum air putih yang cukup

    Ketika tubuh dehidrasi, maka tubuh kurang cairan dan elektrolit sehingga otot tubuh akan bisa dengan mudah mengalami kram yang menyakitkan. Oleh karena itu selalu pastikan kita meminum cukup air putih sebelum, kemudian selama dan juga  sesudah olahraga untuk mencegah kram itu sendiri.

Terjadinya kram memang menyakitkan, namun tetapi lebih menyakitkan lagi ketika kita semua tak tahu dan tak paham bagaimana mengatasinya karena kita terpaksa harus menunggu kram hilang dengan sendirinya dalam waktu yang tak sebentar. Memang sih kram bisa mereda dengan sendirinya apabila misalnya kita tak banyak bergerak dan duduk dengan tenang. Akan tetapi jika kamu ingin menghindari terjadinya kram, tentu saja cara di atas bisa dicoba.

Demikian adalah Cara Efektif Atasi Kram Kaki Mendadak. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, maka saat terjadi kram kaki tiba-tiba, kita sudah memiliki cara yang tepat untuk mengantisipasinya. Selain bisa mengantisipasi saat terjadi kram, lengkapi daya tahan tubuh kita dengan menggunakan perlindungan dari dalam, misalnya adalah dengan mengikuti syarat makanan sehat dan juga membaca artikel Jenis Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan Lagi.
Back To Top