Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Tips Jitu Kuasai Gym di Pokemon Go


Main Pokemon Go dan sudah mencapai level 5? Berarti Anda sudah bisa bertarung dengan Pokemon milik Trainer lain di gym. Yuk simak tips berikut ini.


Masuk ke Gym


Ada dua hal yang harus dipenuhi agar bisa bertarung di dalam gym. Syarat pertama -- seperti disebutkan di atas -- adalah mencapai level 5. Syarat kedua adalah berada dekat dengan lokasi gym tersebut.


Di peta Pokemon Go, gym terlihat seperti sebuah menara yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan Pokestop. Menara tersebut berwarna merah, kuning atau biru -- jika sudah dikuasai -- dan putih -- jika belum ada penguasanya.


Tim ini bisa dipilih saat Anda pertama masuk ke gym, yaitu merah (Valor), biru (Mystic) dan kuning (Instinct).

Bagaimana cara kerjanya?


Ada dua jenis pertarungan yang ada di gym, yaitu dengan tim yang sama ataupun dengan tim yang berbeda. Hal ini berpengaruh pada tujuan pertarungan tersebut.


Bertarung dengan tim yang berbeda bertujuan untuk melemahkan gym tersebut, yang ditandai dengan level prestige. Setiap Anda memenangkan sebuah pertarungan, level prestige gym tersebut akan berkurang. Jika levelnya mencapai 0 atau habis, maka tim itu akan terusir dari gym, dan Anda -- atau siapa pun yang ada di sekitar gym -- bisa menempati gym tersebut.


Sementara bertarung di gym dengan tim yang sama bertujuan untuk memperkuat gym tersebut. Setiap Anda bertarung di gym tim yang sama, baik menang atau kalah, level prestige gym itu akan bertambah. Makin tinggi level tersebut, makin banyak pula Pokemon yang bisa mengisi gym-nya.


Oh ya, jika gym diisi oleh beberapa Pokemon, maka Anda harus melawan semua Pokemon itu, dan pertarungannya akan berurutan dari yang paling lemah. Jika bertarung di gym dengan tim yang berbeda, Anda bisa memilih sampai dengan 6 Pokemon yang akan dipakai bertarung. Sementara pertarungan dengan tim yang sama hanya bisa memakai 1 Pokemon.


Cara termudah untuk memilihnya adalah dengan mengurutkan Pokemon Anda dengan Combat Power (CP) yang paling tinggi hingga yang terendah. Namun elemen juga punya pengaruh yang sangat besar terhadap efektivitas serangan. Di bawah ini adalah tabel daftar tipe elemen di Pokemon.

Yuk kalahkan Pokemon lain


Cara bertarungnya mudah, kok. Saat sudah berada di dalam gym, pilih Pokemon yang akan dipakai, dan mulai pertarungan dengan menekan tombol pada bagian kanan bawah layar.


Anda cukup mengetuk (tap) layar saat pertarungan sudah dimulai untuk melakukan serangan biasa. Serangan spesial Pokemon bisa dilakukan saat kotak berwarna biru di bawah bar sisa nyawa sudah terisi. Caranya cukup menekan layar agak lama, sampai serangan spesial tersebut terjadi.


Menghindari serangan lawan bisa dilakukan dengan menyapu (swipe) layar secara horisontal. Dengan timing yang tepat, serangan musuh bisa dihindari meski agak sulit.


Apa untungnya menguasai gym?


Anda akan mendapatkan hadiah setiap harinya jika menempatkan Pokemon di dalam gym. Hadiahnya bermacam, antara lain Pokecoin dan Stardust. Namun jika ada trainer lain yang menggusur Anda dari gym tersebut, tentu hadiah itu tak bisa lagi Anda dapatkan.


Oh ya, Pokemon yang Anda pakai untuk menjaga gym tak bisa dipakai bertarung di gym lain ya. Pokemon ini juga tak bisa ditransfer, ataupun dinaikkan CP-nya melalui power up ataupun di-evolve, sebelum Pokemon ini tergusur dari gym tersebut.
Tag : Berita, Tips
Back To Top