Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Apa Itu Meningitis dan Bagaimana Gejala dan Cara Pencegahannya

Halo Assalamualaikum semua pembaca setia artikel kesehatan, selanjutnya dalam postingan saya ini saya akan menjelaskan kepada para pembaca semua tentang penyakit meningitis. Pastinya kata meningitis sudah tak asing lagi terdengar di telinga saudara- saudara semua. Penyakit meningitis merupakan penyakit yang disebabkan karena peradangan pada selaput otak (meninges), nah asal kata meningitis itu dari kata meninges tersebut. Penyakit ini merupakan hasil dari infeksi virus dan bakteri penyebab meningitis pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang.Penyakit meningistis merupakan golongan penyakit mematikan karena apabila tidak dilakukan tindakan medis lama- kelamaan akan menimbulkan pembengkakan pada otak. Selain itu, pada tahap yang lebih parah akan menimbulkan kematian.

Pada penyakit meningitis ini, terbagi atas tiga jenis penyakit meningitis sesuai dengan antigen yang menyerang. Yang pertama adalah viral meningitis. Penyakit meningitis ini merupakan meningitis yang disebabkan karena serangan virus. Nah perlu anda semua ketahui bahwa penyakit meningitis jenis ini merupakan jenis meningitis paling ringan diantara meningitis yang lain. Gejalanya pun sangat sederhana seperti timbulnya flu seperti influenza biasa. Dan selanjutnya adalah bacterial meningitis. Bacterial meningitis merupakan meningitis jenis berat karena infeksi oleh bakteri Meningococcal bacteria. Dan yang terakhir nih ada yang namanya meningitis triptokokus. Penyakit meningitis ini, disebabkan karena penyebaran bakteri melalui bau kotoran unggas yang sudah kering.
Untuk selanjutnya saya akan menjelaskan tentang gejala penyakit meningitis. Silahkan anda baca baik- baik uraian gejala meningitis berikut ini menurut para dokter .
1. Terasa sakit atau pusing pada bagian kepala
2. Demam tinggi
3. Adanya perasaan ketakutan ketika melihat cahaya terang
4. Adanya perasaan ketakutan saat mendengar suara keras ( phonophobia)
5. Sering merasakan ingin muntah
6. Nampak seperti orang kebingungan

Sementara jika yang terserang penyakit tersebut adalah bayi dan balita, maka gejala- gejala yang saya sebutkan di atas tidak akan begitu nampak, biasanya gejala yang nampak pada bayi atau balita adalah balita akan merasa gemetaran seluruh tubuhnya, selain itu balita akan kurang aktif dalam kegiatannya dan sering muntah jika diberi asupan makanan.

Untuk mengobati penyakit meningitis  tersebut tentu saja akan sangat membutuhkan pertolongan medis, karena penyakit meningitis membutuhkan tes darah di laboratorium, rontgent, dan juga membutuhkan diagnosa dokter tentang cairan selaput otak. Kemudian untuk pencegahannya sangat mudah sekali hanya dengan jagalah kebersihan sedini mungkin agar terhindar dari infeksi virus, jangan dekat- dekat dengan kotoran unggas atau hewan lain yang telah mengering, karena bakteri bisa sangat mudah menyebar lewat bau kotoran tersebut.

Nah saya berharap setelah anda membaca artikel ini anda akan lebih waspada tentang penyakit meningitis ini, dan semoga anda dapat menjaga kesehatan dengan baik. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat untuk tips kesehatan harian anda.
Tag : organ dalam
Back To Top