Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Cara Membuat Email di Google (Panduan Bergambar)

Tips ini khusus bagi anda yang belum tahu cara membuat email. Ini adalah panduan langkah demi langkah yang disertai gambar untuk membuat email di gmail (Google Mail).

Kenapa harus gmail? Jawaban singkatnya adalah karena layanan ini dari salah satu produk dari google, dan sekali anda memiliki email di gmail, anda juga dapat menggunakan hampir semua produk google.

Tentunya anda boleh memiliki email dimana saja, namun semua terasa belum lengkap jika anda belum memiliki email di Google Mail. Apalagi jika anda memiliki perangkat Android, akun email di Google merupakan jembatan penghubung utama antara Android dan App Store, tempat dimana anda dapat mendownload semua aplikasi untuk Android.

Langkah Mendaftar dan Membuat Email di Gmail

1. Membuka Halaman Pendaftaran

Untuk langsung menuju ke halaman pendaftaran, klik saja link berikut daftar gmail, akan terbuka halaman pendaftaran akun Google baru. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan alamat di address bar dimulai dengan “https”. Ini artinya koneksi anda ke Google menggunakan jalur “secure” atau jalur yang aman.


2. Memasukkan Informasi Pribadi

Masukkan nama anda, lalu nama akun (nama pengguna) anda. Anda dapat menggunakan nama akun yang berbeda dari nama anda. Masukkan juga Password (sandi). Pastikan anda mengingat password ini agar nanti dapat masuk ke akun Google. Untuk tanggal lahir, masukkan tahun lahir dan tanggal lahir pada kolom yang sesuai.


Pada kolom nomor ponsel, anda dapat langsung mengisinya sekarang atau dapat mengisinya nanti. Nomor ponsel ini nanti akan sangat berguna jika akun google anda di-hack atau tidak dapat diakses. Nomor ponsel juga berguna sebagai pengaman tambahan untuk mencegah akun Google anda dibajak orang lain. Yang pasti Google tidak akan menggunakan nomor ponsel anda untuk kepentingan apapun tanpa persetujuan anda.


Lewati saja kolom “Alamat email anda saat ini”, karena asumsi kita saat ini anda belum memiliki email, dan ingin membuat email baru di Google.


3. Verifikasi Captcha

Ketikkan dua buah kata yang pada kotak Captcha, jika tulisan terlihat sulit dibaca, tekan tombol “reload captcha” untuk memuat kata yang lain.


Verifikasi ini untuk membuktikan apakah anda memang benar seorang manusia, karena jika anda robot atau mesin, anda kemungkinan besar tidak dapat membaca tulisan pada kotak Captcha.

4. Lokasi dan Persetujuan

Umumnya lokasi akan langsung di-set ke Indonesia, tentunya anda dapat mengganti dengan lokasi lain yang sesuai.


Pastikan anda mencentang kotak "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google". Untuk bagian “Google dapat menggunakan informasi akun saya untuk... “, ini merupakan permintaan Google pada anda untuk turut mengaktifkan fasilitas G+ (Google Plus) anda.


Google Plus merupakan media sosial buatan Google yang merupakan pesaing dari Facebook. Walaupun anda tidak mencentang pilihan ini, anda tetap dapat menggunakan akun Google anda.

5. Aktifkan Akun Google anda

Klik pada Tombol “Langkah berikutnya” untuk mengaktifkan akun Google anda.


Halaman baru yang terbuka akan memuat informasi alamat email anda di Gmail. (Pada artikel ini alamat email kita adalah yubajogja@gmail.com). Ingatlah alamat ini beserta password yang telah anda buat. Klik pada tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke email baru anda.


Sampai di sini anda telah berhasil membuat email baru di Gmail, dan anda telah siap untuk menggunakan email baru ini untuk berbagai keperluan. Panduan cara menggunakan email akan kami jelaskan pada artikel lain. Namun yang terpenting adalah saat ini anda telah memiliki email di Gmail.

6. Membuka Email

Pada email baru anda, biasanya ada 3 email baru dari Tim Gmail sebagai sambutan selamat datang bagi anda. Untuk membaca email tersebut, klik saja pada tulisannya.


7. Keluar dari Gmail

Setelah anda menggunakan email, tentunya anda harus tahu cara keluar dari Gmail ini. Cara logout cukup mudah, klik pada nama akun anda di pojok kanan atas, lalu klik tombol “Keluar” untuk logout dari Gmail.


8. Masuk ke Gmail

Untuk selanjutnya jika anda ingin masuk dan membuka email anda di Gmail, ketik saja alamat “mail.google.com” pada kotak alamat di browser anda, lalu tekan enter untuk membuka halaman Login ke Gmail. Selanjutnya masukkan email (pada contoh ini yubajogja@gmail.com) dan password anda.


Demikian panduan sederhana step by step cara membuat email di Gmail, serta cara login (masuk) dan logout (keluar) dari email anda.

Semoga artikel singkat dan sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui cara membuat email.
Tag : email, Internet
Back To Top