Kumpulan Informasi Penting Untuk Indonesia

Tips Memilih Makanan Sehat

Saat ini memilih makanan sehat bisa menjadi hal yang sangat sulit. Begitu banyaknya makanan dengan bentuk dan warna yang menarik, serta kemudahan dalam penyajian membuat kita lebih memilih menkonsumsi makanan tersebut.

Terlebih bila kita tak punya waktu untuk memasak, makanan dalam kemasan yang instan pembuatannya menjadi pilihan menu harian. 

Jika kita mau sedikit membaca dan mencari tahu bahan pembuat makanan tersebut, kita mungkin tidak akan pernah mau memakannya lagi.

Memilih atau membuat sendiri makanan sehat sebenarnya mudah, asal tahu ciri-cirinya. Berikut beberapa ciri umum dari makanan sehat yang kami rangkum dari berbagai sumber.
  1. Jangan makan yang menurut orang tua atau nenek anda bukan makanan. Jika mereka bilang, “ini racun”, 90% pernyataan mereka benar. Bagaimanapun juga, nasihat para orang tua selalu yang terbaik!
  2. Hindari makan dengan bumbu lebih dari 5 macam, atau ada bumbu dengan nama aneh yang sulit untuk dieja, apalagi dibaca.
  3. Jika berbelanja di supermarket dan anda berada pada bagian makanan, pilihlah produk yang dipajang di bagian terdepan atau yang pertama terlihat. Bagian ini umumnya dipenuhi oleh produk yang baru dan masih segar.
  4. Jangan makan makanan yang tidak dapat membusuk. Jenis makanan yang tidak dapat membusuk (atau butuh waktu sangat lama untuk membusuk) BUKANLAH MAKANAN! Pengecualian untuk jenis ini adalah madu.
  5. Makanan dengan pewarna buatan biasanya memiliki warna yang menyolok atau “jreng”. Hindari jenis makanan dengan warna yang terlalu “cerah”. Makanan sehat memiliki warna alami yang “kalem”.
Hal lain yang juga perlu diperhatikan agar makanan sehat yang kita pilih, tetap dapat menyehatkan tubuh adalah BAGAIMANA CARA MAKAN KITA!

Ajaran Islam menyatakan berhenti makan sebelum kita kenyang. Budaya jepang mengatakan makanlah hingga 4/5 kebutuhan perut anda. Di Jerman dikenal istilah “Ikatlah karung sebelum penuh” yang memiliki arti sama.
Back To Top